Kiki's photo album

Kamis, 06 Desember 2012

Trip ke kawah gunung Ijen, TN Baluran & Surabaya

Kereta Kertajaya berangkat dari St. Senen tepat pukul 15.30. Anggota rombongan Jakarta adalah Saya , Rimot, Elia dan Endy. Walaupun hawa di dalam kereta sangat panas dan gerah tetapi penumpang yang duduk di depan saya memakai 3 lapis pakaian, kaos, kemeja dan jaket, memakai jeans dan sarung bertumpuk-tumpuk. Bangku di depan saya ternyata banyak menyimpan anak kecoa, karena ketika penghuninya meninggalkan bangkunya, berseliweranlah para anak kecoa tersebut. Saya sibuk membunuh para anak kecoa tak berdosa tersebut menggunakan kipas kertas sebagai senjata mematikan supaya kaki bisa numpang selonjoran di bangkunya.Toilet di kereta ekonomi ini lumayan bersih dan yang jelas tidak berbau pesing seperti toilet alumunium pada umumnya.

Kereta sampai stasiun tepat pukul 5 pagi. Kami para fakir chargeran segera mencari warung terdekat untuk menumpang charge HP dan sarapan nasi rawon sambil menunggu kedatangan teman dari Malang yaitu Dian yang mau ikut trip ini dan driver yang akan mengantarkan kami ke Ijen. Rupanya penampilan driver kami, mas Doni yang rapi jali memakai sepatu pantofel benar-benar kontras dengan kami yang belum mandi. Selesai sarapan kami segera meluncur menuju Situbondo, yang memakan waktu sekitar 7 jam perjalanan, sangat jauh seperti dari Makassar ke Toraja. Perjalanan melewati Sidoarjo, perkampungan di sana bagaikan kota mati akibat lumpur Lapindo. Kami sempat berhenti beberapa kali di tempat makan (wisata kuliner), hingga sampai di sebuah warung makan yang cukup ramai dekat Situbondo , dimana pelayannya memanggil kami dengan "panjenengan". Wah saya sangat terkesan dengan kesopanan pelayannya yang bak priyayi keraton. Makanannya bervariasi, enak, harganya juga murah meriah.

Setelah melewati perkebunan hutan, perkebunan kopi dengan rute yang cukup sulit karena jalan yang jelek, kami sampai di Catimor Homestay menjelang sore.

Catimor Homestay

Homestay ini punya PT Perkebunan Nusantara, berlokasi di ke arah Situbondo, Km 10 pertigaan "Gardu Atak" menuju lokasi Ijen. Penginapannya jadi satu dengan pabrik kopi. Kata guide kami mas Doni, Catimor homestay lebih bagus dibanding yang lain, dan harganya juga sama aja dengan penginapan yang lain, akhirnya kami pilih menginap di sini. Walaupun ada kolam renangnya, tapi karena dingin kami nggak ada yang berani berenang. Tapi rombongan bule-bule di kamar sebelah hanya tertawa dan cuek berenang ketika saya bilang airnya dingin.

#Typo

Setelah check in kami diajak mas Doni mengunjungi air terjun yang berjarak kurang lebih 1 km dari penginapan. Rupanya trekking ke air terjun ini adalah pemanasan sebelum hiking sesungguhnya di Ijen, lumayan untuk mengukur kekuatan para anggota rombongan. Air terjunnya kecil saja, nyaris tidak ada yang bisa dilihat di sana selain derasnya arus.

Sayangnya saat itu pakrik kopinya tutup karena hari libur, jadi tidak bisa masuk dan melihat proses pembuatan kopi.

Anggota rombongan yang terakhir datang menyusul dari Jember adala mbak Ratna, tak lupa membawa mie Apong dan tape khas jember sebagai oleh-oleh untuk kami.

Blue Fire & 2,375 mdpl

Walaupun saat itu status Ijen masih Siaga, namun tidak berbahaya, sehingga jalur pendakian untuk umum masih dibuka.Untuk mengejar blue fire dan sunrise di Ijen, kami berenam + driver yang sekaligus jadi guide, harus berangkat jam 1 pagi dari homestay dan mulai nanjak pukul 2 pagi. Pukul 12.30 malam pintu kamar diketuk oleh petugas penginapan untuk membangunkan kami. Setelah bersiap-siap, kami segera meluncur ke Paltuding, pintu masuk gunung Ijen. Setelah mendaftarkan rombongan, kami pun langsung hiking bersenjatakan lampu senter di tengah kegelapan malam. Rupanya pagi itu cukup banyak rombongan yg bareng dengan kami. Karena beberapa anggota rombongan ada yang cukup ngos-ngosan saat hiking, akhirnya kami sempat berhenti beberapa kali dan cukup lama beristirahat. Pendakian yang curam ini sungguh menguras tenaga dan membutuhkan fisik yang prima. Jalur penanjakan sepanjang 3 KM, dengan trek berpasir yang curam, bahkan mencapai kemiringan 45°, memperlambat langkah kami. Beberapa anggota rombongan yang terus berjalan masih bisa mengejar Blue Fire, sedangkan saya yang nungguin teman yang kelelahan malah ketinggalan turun ke kawah untuk lihat Blue Fire. Blue Fire adalah salah satu fenomena alam yang sangat langka, di dunia hanya ada 2 Blue Fire, yaitu di Islandia dan Ijen.

Yang perlu dipersiapkan untuk nanjak Ijen, selain mental dan fisik yang ekstra kuat,yaitu jaket yang tebal dan sarung tangan, karena angin di puncak Ijen sangat dingin, malah telapak tangan saya bengkak kemerahan karena terpaan angin dingin. Walaupun tidak melihat blue fire, kami masih bisa melihat sunrise. Kalau buat orang-orang yang kecepatan nanjaknya pelan lebih baik mulai nanjak pukul 12 malam saja, supaya bisa lihat blue fire dan sunrise sekaligus. Karena teman yang turun ke kawah untuk lihat blue fire tidak bisa melihat sunrise di atas karena waktunya kurang (banyak istirahat karena manjatnya cukup sulit dari kawah ke atas).

Tepat jam 4 pagi kami sampai di puncak. Sudah tidak ada penambang yang jadi guide turun ke kawah untuk melihat blue fire, akhirnya kami nongkrong saja menunggu sunrise di atas.

Sayangnya saat itu cuacanya berawan, dan kabut tebal menyelimuti kawah belerang, sehingga nyaris tidak bisa melihat danau belerangnya. Para penambang belerang yang memikul keranjang belerang banyak yang menawarkan batu belerang kecil yang sudah dibentuk menjadi berbagai macam figure seperti kura-kura, stalagmit, yang dijual dengan harga seikhlasnya saja (Rp 5,000.- Rp 10,000.-). Lumayan untuk cinderamata dari kawah Ijen. Para penambang belerang itu membawa belerang seberat 90 kg-an. Harga sekilonya dihargai Rp 9,000.- di pos penimbangan di pos 1. Katanya mereka sehari bisa 2 kali naik turun ke kawah. Sungguh hebat para penambang ini, saking hapalnya jalur pendakian bahkan mereka berjalan tanpa penerangan apapun, mungkin juga ngirit batre, karena ketika teman saya yang berjalan duluan tanpa senter, mereka ngikutin bapak penambang yang berjalan tadinya berjalan gelap-
gelapan, kemuadian menyalakan senternya sebentar-sebentar saja hanya untuk menunjukkan jalan kepada kedua teman saya. Blue fire dan aktivitas para penambang yang bertaruh nyawa ini yang menjadi daya tarik utama para wisatawan domestik dan manca negara, terutama wisatawan Prancis.

view gunung Meranti ( depan) dan gunung Raung (  belakang)

Ketika mau turun kembali ke pulang, ternyata view sepanjang jalan tak kalah cantik. Sepanjang perjalanan disuguhi bonus view gunung Meranti (yang paling depan) dan gunung Raung ( yg paling belakang) dari kejauhan. Banyak pohon-pohon buah dan bunga Edelweis (walau tidak sebanyak di bromo) di sepanjang trek. Ternyata rute turun jauh lebih cepat dari pada nanjak, kurang lebih 1 jam perjalanan sudah sampai di pos pendaftaran di pintu masuk Ijen. Salah satu hal yang menjadi perhatian adalah tanda batas wilayah yang tertanam sepanjang jalur pendakian, yang menunjukka batas antara Bondowoso dan Banyuwangi. Rupanya status gunung Ijen masih menjadi polemik yang berkepanjangan, menjadi perebutan antara dua wilayah.

Selesai beristirahat kami segera kembali ke Catimor untuk packing dan check out.

Taman Nasional Baluran

Perjalanan menuju Baluran sekitar 4 jam dari Ijen. Sampai di Baluran jam 4 sore. Musim kemarau menyebabkan savana dan hutan di taman nasional ini menjadi kering dan tandus, bahkan hutan evergreen yang katanya hijau sepanjang tahun juga kekeringan. Sayangnya kami juga tidak melihat banteng yang menjadi ikon taman nasional ini. Karena menjelang sore kami segera menuju pantai Bama untuk melihat sunset. Pantai Bama sangat kecil. Ada penyewaan kano untuk berkeliling . Sehabis melihat sunset kami segera menuju Surabaya.

Sampai di Surabaya hampir jam 2 pagi, kami menginap di Sparkling backpacker hostel. Tapi saya lebih merekomendasikan homestay Paviliun di pasar genteng karena lebih bersih. Keesokan paginya dua teman saya Delila dan Farida datang ke penginapan untuk nge-guide kami selama keliling Surabaya.

Surabaya Heritage Track

SHT adalah program tur gratis keliling bangunan bersejarah yang ada di kota Surabaya dengan bis wisata yang cantik yang berbentuk seperti trem milik House of Sampoerna. Kalau mau ikut tur ini maka kita harus menelfon dulu ke HOS sebelumnya untuk booking bangku, karena seat yang terbatas.

Rute wisatanya bermacam-macam, tergantung event juga. Waktu tahun lalu karena masih lebaran Cina, maka rute turnya ke kuil-kuil bersejarah dan ke kampung Cina. Sedangkan karena kemarin masih bulan November, masih memperingati hari Pahlawan, maka rute wisata sejarah kali ini adalah ke Gedung Escompto bank, adalah gedung bank mandiri di jalan Kembang Jepun dan Raad van justitite, tugu pahlawan yang sekarang (dulu gedung kehakiman).

Wisata kuliner

Sambel bu Rudi

kalau ke Surabaya jangan lupa membeli sambel bu Rudi, yaitu sambel merah dan hijau yang banyak dicari karena rasanya enak, harganya Rp 12,000.-.Di tokonya dijual berbagai macam makanan , dan juga tempat menjual makanan untuk oleh-oleh. Tahu pong nya juga enak, harganya satu kotak kecil Rp 10,000.- isi 20 buah.

Sate klopo Ondomohen

Saatnya makan siang. Gagal mencari resto bebek yang terdekat, akhirnya melipir ke sate klopo Ondomohen yang terkenal di Surabaya.

Es krim Zangrandi

Bentuk es krim dan restorannya hampir sama dengan es krim Ragusa di Jakarta, karena pendirinya sama-sama orang Itali pada sejak zaman penjajahan Belanda. Menu es krimnya bermacam-macam, dari es krim sate hingga banana split.  Harganya berkisar dari Rp 10,000 -Rp 25,000.-

Untuk informasi, jaringan XL saya mati total selama di Ijen. Telkomsel berjaya di sini.

Tiket Masuk Waterfall Rp 12,000.00 (untuk 6 orang)
Tiket Masuk Ijen Rp 24,000.00 (untuk 6 orang)
Kamar di Catimor homestay double bed  Rp 135,000

8:00Menuju kawasan Ijen
15:00Tiba di Ijen

* ke penginapan

* explore kawasan Ijen (air terjun)

TGL 17 NOVEMBER
1:00Pos paltuding
2:00Start treking
4:00Sunrise Ijen

* explore kawah
11:00
Menuju Baluran

Explore Baluran (savanna, sumur goa, evergreen forest,  pantai Bama)