Kiki's photo album

Rabu, 13 Mei 2009

Sudoku (permainan teka teki logika versi Jepang)

Sudoku

Guys, pernah denger tentang permainan Sudoku nggak ? ini seperti games bermain dgn angka. Waktu zaman SD saya sering main TTS angka di majalah Intisari atau Reader Digest, tapi kalau Sudoku, pernah dengar tapi nggak pernah main dan nggak tau cara mainnya seperti apa. Nah kebetulan kemarin pas pulang dari kantor , saya & Mbak e yg rumahnya searah, nebeng mobilnya si engkong Mr. Ishikawa san. Nah pas baru duduk, si engkong ngasih buku ke saya. Saya baca, o ternyata itu buku ttg permainan "Sudoku".  Eh tiba2 si engkong ngasih pensil sama penghapus, nyuruh buka hal sekian, dan nyuruh saya ngerjain soal Sudoku yg ternyata levelnya yg susah ! Bukunya dimulai dari games yg paling mudah sampe yg levelnya susah sekali. Nah saya disuruh buka dari tengah-tengah buku.

Weleh2,,detik itu juga saya nyesel kenapa nebeng ma dia hehe,,yawdah akhirnya dengan mengumpulkan segenap konsentrasi sambil mencoba berpikir keras dan menulis di dalam mobil yg berjalan dgn kondisi jalan yg byk lubangnya. Lima menit kemudian saya bilang : "Wakaranai" , " saya nggak ngerti cara mainnya !"

Si Engkong langsung ketawa ngakak. Akhirnya dia ngejelasin cara mainnya. Cuma dasar emang otak saya yang loadingnya lama alias lemot, nggak langsung ngerti. Cuma dia nganggep saya langsung ngerti setelah dijelasin secara singkat dlm wkt 5 mnt ! Ampun dah :sweatdrop. Akhirnya setelah bersusah payah, 5 menit kemudian saya berhasil nangkap pola permainannya dan keasyikan main, nggak berasa udah deket depan komplek rumah. Akhirnya si engkong baca kerjaan saya, dan bilang : "Bagus ya!" (itu hanya salah satu kata dari bhs Indonesia yg dia kuasai hehe). Walopun dia sempat mengira angka 4 yg saya tulis itu angka 9, entah karena tulisan saya yg emang jelek, atau karena susah nulis bagus dalam mobil yg lumayan kenceng larinya. Akhirnya saya pamit bilang "Arigato"/ thanks dan turun duluan sambil mencatat dlm hati kl ke Gramed nanti harus cari buku games Sudoku seperti punya si engkong hehe.

======================================================================

Sudoku

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Contoh Sudoku
53
6
98
7
195
6
8
4
7
6
8 3
2
3
1
6
6
419
8
28
5
79

Sudoku (数独 sūdoku?), juga dikenal sebagai Number Place atau Nanpure, adalah sejenis teka-teki logika. Tujuannya adalah untuk mengisikan angka-angka dari 1 sampai 9 ke dalam jaring-jaring 9×9 yang terdiri dari 9 kotak 3×3 tanpa ada angka yang berulang di satu baris, kolom atau kotak. Pertama kali diterbitkan di sebuah surat kabar Perancis pada 1895 dan mungkin dipengaruhi oleh matematikawan Swiss Leonhard Euler, yang membuat terkenal Latin square.

Versi modern permainan ini dimulai di Indianapolis pada 1979. Kemudian menjadi terkenal kembali di Jepang pada 1986, ketika penerbit Nikoli menemukan teka-teki ini yang diciptakan Howard Garns.

Nama "Sudoku" adalah singkatan bahasa Jepang dari "Suuji wa dokushin ni kagiru" (数字は独身に限る ?), artinya "angka-angkanya harus tetap tunggal".

6 komentar:

  1. Emang bagus Ki gamenya buat ngasah otak, hati2 yah nanti ketagihan, dulu sempet ketagihan soalnya, malah mau bikin programnya segala :blushing:.
    Tapi efek ketertagihannya tergantung orangnya, karena as you know ada orang2 yang kuat otak numeriknya (kiri) dan ada yang kuat otak kanannya (verbal).

    Happy Sudokuing deh :D
    Btw, baru tahu arti Sudoku apa, bahasa Jepang parah banget yah artinya panjang tulisannya segitu doang :P

    BalasHapus
  2. hahaha dsr programmer :p
    huuh Zai maenan ginian emang bikin addict nih mesti diwaspadalah, waspadalah hehe

    Tulisan Jepang mah emang parah hahaha
    abis kanji itu huruf simbolik
    1 huruf kanji melambangkan 1 kata, jd kl mo ngartiin bhs Indo ke Jpg, jdnya kek Sudoku gt, singkat & padat :P

    Well thx awy :blushing

    BalasHapus
  3. Hahahaha iya emang Japanese makan otak emang :P
    Btw, Ki di:

    http://www.sudoku-aktuell.de/sudoku-online.html kamu bisa main online Sudoku

    Pilih aja di 3 combo box pertama archive game tanggal berapa, di radio button (ada 5 biji) itu tingkat kesulitannya (5 paling susah, terus di combo box terakhir kamu pilih soal nomer berapa (1-24), terakhir klik "Laden" deh (Load), and ready to be played.

    Kalo udah, kamu klik "Prüfen" (check)...

    BalasHapus
  4. haha Zainal Zainal,,as always,,org paling rajin ngasih2 inpo beginian ,,,:thumbsup
    btw beuh manstap wae'nya web made in Jerman deui as always ^_^
    thx buat inpohnya, tar tak cobain :)

    BalasHapus
  5. di handphone ada, dan gw ud mnenamatkannya :D mecahin rekor pulak....kekekek

    BalasHapus
  6. good job @ Anggun dMessenger :thumbsup:

    ditunggu traktiran slametanya aja deh :p

    BalasHapus